5 Jenis Penyakit Jantung Yang Perlu Diwaspadai

5 Jenis Penyakit Jantung Yang Perlu Diwaspadai ,- Sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja jenis-jenis penyakit jantung yang berbahaya. Pasalnya saat ini penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di seluruh dunia.

Maka dari itu, mengenali dan memahami jenis penyakit jantung dapat membantu agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

5 Jenis Penyakit Jantung Yang Perlu Diwaspadai

5 Jenis Penyakit Jantung Yang Perlu Diwaspadai

Penyakit jantung adalah kondisi dimana jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan ini dapat bermacam-macam, mulai dari gangguan pada pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung, hingga gangguan jantung akibat bawaan lahir.

Disamping itu, kehadirannya juga sering kali mendadak atau tiba-tiba sehingga membuat siapa saja perlu waspada dengan penyakit yang satu ini.

Agar Anda lebih paham, mari simak ulasan singkat terkait 5 jenis penyakit jantung yang perlu diwaspadai berikut ini:

  1. Penyakit Jantung Bocor

Penyakit jantung bocor adalah kelainan bawaan dimana jantung tidak berkembang secara normal sehingga menimbulkan gangguan yang menghambat kinerja jantung. Kelainan ini biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir.

Normalnya jantung manusia mempunyai 4 ruang dan setiap ruangnya dipisahkan oleh sekat. Namun pada penderita jantung bocor, ada lubang pada sekat tersebut yang mengakibatkan darah dari satu ruang tercampur dengan darah di ruang lainnya.

Sebagai akibatnya beberapa gejala pun dapat terjadi seperti sesak napas, mulut dan bibir berwarna kebiruan, kuku tangan dan kaki berbentuk cembung, bayi sering rewel, pertumbuhan bayi terhambat, serta sulit menaikkan berat badan.

  1. Penyakit Katup Jantung

Jantung mempunyai beberapa katup yang elastisitasnya dapat terganggu karena beberapa hal, seperti bakteri, genetik dan banyak hal lainnya. Katup jantung terletak di pintu keluar dari masing-masing 4 ruangan jantung dan katup ini berfungsi untuk menjaga aliran darah satu arah lewat jantung.

Namun ada kalanya katup pada jantung ini mengalami kerusakan yang mengakibatkan jantung tidak bisa berfungsi dengan normal. Gejala dari penyakit katup jantung ini dapat berupa mudah lelah, napas pendek-pendek, detak jantung tidak teratur, nyeri dada, serta kaki atau pergelangan membengkak.

Bila tidak segera diobati, penyakit katup jantung dapat menimbulkan masalah lain seperti endokarditis jika tidak menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut dengan baik. Untuk pengobatan penyakit katup jantung sendiri dapat dilakukan dengan tindakan operasi.

  1. Perikarditis

Perikarditis adalah peradangan pada membran tipis yang melapisi jantung (perikardium). Di dalam jantung terdapat 2 lapisan pada perikardium yang dipisahkan oleh ruag berisi sejumlah kecil cairan, sehingga kedua lapisan ini tidak saling bergesekkan.

Tetapi karena beberapa hal (seperti infeksi bakteri atau virus, efek radioterapi, serangan jantung dll) perikardium dapat mengalami peradangan. Dan hal ini tentu akan menimbulkan serangkaian gejala pada penderita berupa nyeri dada yang menusuk, napas pendek, jantung bedebar, batuk, demam, hingga bengkak pada perut atau kaki.

Apabila perikarditis tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini hanya akan menimbulkan komplikasi serius berupa tamponade jantung yang menyebabkan jumlah cairan di dalam kantong perikardium terlalu banyak, sehingga menekan jantung dan menghalangi alirah darah ke jantung.

  1. Aritmia Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang menakjubkan. Karena jantung mampu berdetak dalam ritme sekitar 60 sampai 100 kali setiap menit. Tetapi, ada kalanya jantung tidak berdetak sesuai ritme. Detak jantung yang tidak normal sering disebut dengan aritmia jantung.

Aritmia jantung terjadi karena adanya gangguan pada sistem konduksi otot jantung. Hal ini mengakibatkan alat jantung yang berfungsi memerintahkan jantung untuk kontraksi tidak berjalan dengan teratur. Kondisi inilah yang menyebabkan irama jantung menjadi tidak teratur.

Ketidakteraturan ini juga bisa berakibat pada banyaknya pasokan darah yang diterima ataupun yang disaluran oleh jantung ke seluruh tubuh.

  1. Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan kondisi dimana otot jantung menjadi sangat lemah sehingga jantung tidak bisa memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Hal ini tentu akan mengakibatkan organ-organ penting yang membutuhkan pasokan darah tersebut menjadi terhambat dan fungsi kerjanya pun akan terganggu.

Terjadinya gagal jantung biasanya disebabkan oleh masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung koroner, aritmia jantung, gangguan otot jantung, hipertensi, jantung bocor, diabetes, anemia, miokarditis, atau hipertiroidisme.

Sementara gejala dari gagal jantung adalah sesek napas (baik ketika beraktivitas ataupun beristirahat), tubuh terasa lelah sepanjang hari, dan kaki menjadi bengkak. Segera periksa ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

Itulah 5 jenis penyakit jantung yang merupkan momok yang sangat menakutkan bagi setiap orang di dunia. Maka dari itu, hendaknya kita mulai hidup sehat sejak dini. Atur pola makan, olahraga secara teratur, dan rutin kontrok ke dokter.

*) Deteksi Dini Penyakit Jantung

Apapun penyebabnya, kelima jenis penyakit jantung ini memerlukan perawatan dengan segera. Jangan menunda untuk membawa orang tersayang Anda ke rumah sakit ketika ia mengalami gejala penyakit jantung. Utamanya hingga tidak sadarkan diri.

Untuk mendiagnosis penyakit, dokter terlebih dahulu akan menanyakan riwayat penyakit penderita dan keluarga. Selanjutnya, dokter akan memeriksa detak jantung dan tekanan darah penderita. Sampel darah juga mungkin akan diambil untuk mengukur kadar kolesterol dan protein C-reaktif.

Agar memperkuat diagnosis, dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan seperti Elektrokardiografi (EKG), Ekokardiografi, Uji Tekanan (stress test), holter monitoring, CT scan jantung, MRI jantung, atau katerisasi jantung.

Dan nantinya pengobatan akan disesuaikan dengan jenis penyakit jantung yang dialami. Umumnya pengobatan penyakit jantung dapat dilakukan dengan konsumsi obat-obatan, seperti obat antibiotik, antikoagulan,dan obat lainnya.

Bila penyakit jantung yang dialami terbilang parah, pengobatan dapat dilakukan dengan operasi bypass jantung. Prosedur operasi ini dilakukan dengan mencangkok pembuluh darah lain, sehingga aliran darah melewati pembuluh darah yang baru.

Demikianlah ulasan singkat terkait jenis penyakit jantung yang perlu diwaspadai. Semoga ulasan ini bermanfaat dan jaga selalu kesehatan Anda sejak dini. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati!!

**Terimakasih Atas Kunjungannya dan Salam Sehat 🙂

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Menyembuhkan Aritmia Jantung Secara Alami | OBAT JANTUNG BOCOR ALAMI PADA ANAK

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*