7 Manfaat Dahsyat Bawang Putih Bagi Kesehatan Jantung

Manfaat Dahsyat Bawang Putih Bagi Kesehatan Jantung ,- Selain sebagai penambah rasa masakan, ternyata bawang putih juga memiliki manfaat yang lebih bagi kesehatan tubuh, khususnya kesehatan jantung.

Dimana manfaat bawang putih ini telah lama digunakan sejak zaman mesir kuno, India bahkan Tiongkok. Lalu, apa saja manfaat bawang putih ini ?

Manfaat Dahsyat Bawang Putih Bagi Kesehatan Jantung

Manfaat Dahsyat Bawang Putih Bagi Kesehatan Jantung

Menurut American National Cancer Institute, bawang putih mengandung senyawa antikanker dan antioksidan seperti ajoene, quercetin, allin, dan sulfida dialil. Yang mana senyawa ini diketahui dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

Berikut 7 manfaat bawang putih yang baik untuk kesehatan jantung :

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat bawang putih yaitu dapat menjaga kesehatan jantung dengan memberikan efek perlindungan pada jantung. Bawang putih juga dapat mengencerkan darah yang akan memperlancar sirkulasi darah.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal Of Postgraduate Medicine, mengkonsumsi 10 gram bawang putih setiap hari selama 2 bulan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang cukup banyak dalam tubuh.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Bawang putih mengandung polisulfida yang terbukti mampu mengendalikan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi. Yang mana hipertensi ini merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

Kandungan polisulfida ini dapat membantu melegakan, mengendurkan otot halus, dan membuka pembuluh darah agar tidak mendapat tekanan yang terlalu besar.

 

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat mencegah pembentukan dan penumpukan plak pada arteri koroner (pembuluh yang memompa darah ke jantung). Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda yang memiliki gangguan pada jantung dan sistem metabolisme.

  1. Sebagai Antibakteri dan Antiparasit

Sudah sejak ribuan tahun lalu, bawang putih digunakan sebagai antibiotik untuk melawan bakteri, jamur, dan infeksi parasit selama 7000 tahun terakhir. Bawang putih juga bermanfaat untuk mencegah bakteri penyebab karang pada gigi.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Bawang putih mengandung sulfur bioaktif, dimana kandungan ini berguna untuk mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh, khususnya pada jantung.

Sulfur bioaktif akan memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang telah rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.

  1. Mengatasi Demam dan Flu

Demam dan flu merupakan gejala umum penyakit jantung yang sering terjadi. Dengan menghirup 2-3 siung bawang putih mentah yang telah dimasak seperti teh, dapat membantu Anda agar lekas sembuh dari demam dan flu.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, bawang putih juga sebagai makanan kesuburan pria karena dapat melancarkan peredaran darah menuju kelamin.

Cara Mengolah Bawang Putih Untuk Kesehatan Jantung

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengkonsumsi bawang putih, bisa dengan direbus, digoreng atau dipanggang sebelumnya. Selain itu, bawang putih juga dapat dibuat jus untuk membunuh virus yang menyerang jantung.

Untuk membuat jus bawang putih, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Siapkan 2 ons bawang putih dan haluskan menggunakan blender.
  • Haluskan juga 2 ons jahe merah dan 5 iris apel hijau yang dicampur dengan segelas air.
  • Peras sari buah lemon hingga menjadi 1 gelas sari buah lemon.
  • Campurkan semua bahan menjadi satu dan panaskan dengan api kecil selama setengah jam.
  • Biarkan hingga dingin dan saring.
  • Lalu tambahkan dengan 1 botol madu murni.
  • Konsumsi jus bawang putih ini sebanyak 1-2 sendok makan sebelum sarapan.

Selain dengan dibuat jus, bawang putih juga dapat dikonsumsi secara mentah. Namun, tetap jangan berlebihan. Karena dapat berdampak buruk pada lambung.

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan

Bawang putih sangat disarankan untuk orang yang sudah lanjut usia, sekitar 50 tahun keatas. Pasalnya pada usia tersebut, serangan ke organ jantung mulai banyak. Sehingga bagi lansia disarankan untuk mengkonsumsi bawang putih secara rutin sebelum makan pagi hari.

Tetapi dalam mengkonsumsi bawang putih juga harus berhati-hati, utamakanya jika dikonsumsi secara mentah. Karena bisa menyebabkan kekurangan darah merah.

Dalam satu hari, dilarang konsumsi bawang putih lebih dari 3 siung karena dapat mengakibatkan diare, demam dan menimbulkan peradangan pada lambung.

Disamping pemanfaatan bawang putih untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Anda juga harus senantiasa menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga teratur, meningkatkan konsumsi sayur dan buah, tidak merokok, hindari alkohol, dan makan secara seimbang.

Dipersembahkan oleh : obatjantungbocoralami.my.id

1 Trackback / Pingback

  1. Obat Jantung Koroner Tradisional Paling Ampuh Tanpa Efek Samping

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*