Wow! Inilah 10 Manfaat Ketumbar Untuk Jantung

Manfaat Ketumbar Untuk Jantung Yang Perlu Diketahui

Manfaat Ketumbar Untuk Jantung ,- Selain bermanfaat sebagai bahan masakan, ternyata ketumbar juga memiliki manfaat lebih bagi kesehatan khususnya kesehatan jantung. Meski demikian, tumbuhan rempah ini juga memiliki potensi negatif.

Manfaat Ketumbar Untuk Jantung

Ketumbar adalah salah satu jenis rempah yang banyak digunakan sebagai penyedap masakan. Dimana ketumbar ini berbentuk seperti bola-bola kecil berwarna putih, yang biasanya ditumbuk atau digerus menjadi bubuk.

Bagian dari tanaman rempah ini yang paling terkenal adalah bijinya. Minyak atsiri dan oleoresin yang diperoleh dari ekstrak bijji ketumbar sering digunakan sebagai bahan baku parfum, industri rokok, obat-obatan, pewangi aromaterapi, kosmetik, serta aroma makanan dan minuman.

Jika disimpan dalam wadah kedap suara, biji ketumbar utuh dapat bertahan hingga 1-2 tahun. Sedangkan biji ketumbar yang telah ditumbuk menjadi bubuk, bisa bertahan hingga 6 bulan.

10 Manfaat Ketumbar Untuk Jantung

Mengkonsumsi ketumbar bisa mendukung kebutuhan harian Anda hingga 8% kalsium, 10% zat besi, 4% vitamin C dan 68% vitamin K. Sifat antibakteri, antijamur, antioksidan dan antiradang yang dimiliki ketumbar juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda.

Lebih lengkapnya, berikut 10 manfaat ketumbar untuk jantung manusia yakni :

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Ketumbar dapat membantu mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi. Interaksi ion kalsium dan kolinergik bisa melemaskan ketegangan pada pembuluh darah, sehingga mengurangi kemungkinan sejumlah masalah kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

  1. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Selain mengontrol tekanan darah, ketumbar juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Tanaman rempah ini juga dapat membantu menaikkan kadar kolesterol HDL yang sehat dan berfungsi sebagai pencegahan dari kondisi berbahaya seperti serangan jantung.

  1. Mencegah Anemia

Anemia terjadi karena rendahnya zat besi dalam darah, dimana kondisi ini akan memicu terjadinya sesak napas, jantung berdebar-debar, kelelahan ekstrem, penurunan fungsi kognitif.

Nah, dengan mengkonsumsi air rebusan ketumbar masalah-masalah tersebut dapat diatasi. Air rebusan ketumbar juga dapat meningkatkan energi dan kekuatan, serta meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Membantu Kerja Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada ketumbar dapat membantu meredakan berbagai gangguan pencernaan seperti perut kembung. Selain itu, ketumbar juga dapat meningkatkan sekresi enzim pencernaan pada lambung dan mencegah terjadi anoreksia (tidak nafsu makan).

  1. Mencegah Kanker

Rempah-rempah seperti ketumbar bisa menghambat pembentukan heterocyclic amine (HCA) pada daging yang dimasak. HCA adalah bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker.

  1. Menurunkan Berat Badan

Dengan mengkonsumsi ketumbar baik secara mentah ataupun dijadikan sebagai bumbu masakan dapat membantu Anda dalam mengurangi jumlah lemak tubuh, dimana hal ini juga dapat membantu menurunkan berat badan berlebih.

  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Disamping menurunkan berat badan, ternyata ketumbar juga dapat menurunkan kadar gula darah. Mengunyah daun ketumbar mentah bisa membantu mengatasi gejala bronkitis dan asma.

  1. Mengandung Antioksidan

Ketumbar memiliki berbagai jenis antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh, khususnya jantung. Dimana antioksidan dalam ketumbar dapat membantu mencegah terjadinya berbagai penyakit jantung, penyakit parkinson dan penyakit alzheimer.

  1. Sumber Vitamin dan Mineral

Biji ketumbar merupakan sumber vitamin dan mineral, yang mana didalamnya mengandung banyak zat besi sehingga bisa membantu mengatasi anemia dan meningkatkan kadar hemoglobin.

Selain itu, ketumbar juga mengandung magnesium yang membantu dalam meningkatkan fungsi sistem saraf dan menguatkan tulang, serta mencegah penyakit jantung bocor.

  1. Mengatasi Peradangan

Didalam ketumbar terdapat berbagai kandungan yang bisa membantu untuk mengatasi peradangan. Karena itu dengan mengkonsumsi air rebusan ketumbar bisa membantu Anda agar terhindar dari berbagai penyakit, khususnya penyakit yang disebabkan oleh peradangan.

Meskipun ketumbar memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, ketumbar yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan alergi dan meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya matahari.

Perlu diingat juga bahwa tanaman rempah ini dapat menurunkan tekanan darah sehingga penderita tekanan darah rendah dan orang-orang-orang yang sedang melakukan pengobatan dengan obat penurun tekanan darah perlu berhati-hati.

Demikian artikel kami seputar Manfaat Ketumbar Untuk Jantung yang dapat disampaikan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang membacanya.

Ohh ya, terimakasih juga telah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami. Jangan lupa share ya ke yang lain, jika menurut Anda artikel ini bermanfaat. Terimakasih 🙂

Posted by :

obatjantungbocoralami.my.id

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Mengobati Jantung Bocor Dengan Kunyit Yang Tepat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*