Resiko Operasi Jantung Bocor Yang Perlu Diwaspadai

Resiko Operasi Jantung Bocor Yang Sering Diabaikan

Resiko Operasi Jantung Bocor ,- Jantung bocor termasuk salah satu penyakit yang ditangani dengan tindakan operasi. Yang mana melakukan operasi ini sering kali menimbulkan dampak negatif bagi tubuh penderita.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan operasi. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja Risiko Operasi Jantung Bocor yang sering terjadi. Simak penjelasannya disini!

Resiko Operasi Jantung Bocor

Jantung bocor merupakan kelainan bawaan dimana terdapat lubang pada septum yang memisahkan atrium kiri dan kanan. Kondisi ini bisa terjadi pada semua orang tanpa disadari.

Normalnya bagian kiri jantung akan memompa darah lebih kuat dari bagian kanan, yang akan membuatnya agar tidak tercampur. Namun karena jantung bocor, aliran darah kiri ke kanan menjadi abnormal yang memungkinkan darah dari kedua sisi jantung untuk bercampur.

Akibatnya, darah yang mengandung sedikit oksigen akan dipompa ke tubuh dan darah dengan oksigen tinggi akan bergerak kembali ke paru-paru. Sirkulasi yang tidak normal ini dapat mengakibatkan peningkatan tekanan pada paru-paru.

Penyebab dan Gejala Jantung Bocor

Kebanyakan jantung bocor terjadi pada bayi dan diturunkan dari orang tua yang memiliki cacat jantung bawaan. Ibu hamil yang merokok selama kehamilan juga dapat meningkatkan risiko bayi terkena jantung bocor.

Pada orang dewasa jantung bocor dapat terjadi karena salah satu katup tidak bisa tertutup. Yang mana hal ini dapat disebabkan oleh lingkungan hidup yang buruk, sering merokok, infeksi, atau menggunakan beberapa jenis narkoba.

Pada kasus jantung bocor, sirkulasi darah kotor mengalir ke sirkulasi darah bersih dan memasuki organ-organ penting seperti otak. Jika hal ini terjadi bayi akan menjadi biru, sesak napas, kejang-kejang, dan jika terlambat ditangani bisa mengarah pada kematian.

Pengobatan Jantung Bocor

Jantung bocor yang terjadi pada masa kanak-kanak, terkadang dapat menutup sendiri. Namun jika tidak menutup, maka dibutuhkan pengobatan untuk mengatasinya.

Salah satu pengobatan jantung bocor yang sering dianjurkan dokter adalah pembedahan atau operasi, yang mana dapat dilakukan dengan dua pilihan yaitu melakukan operasi jantung terbuka atau memilih tindakan katerisasi.

Tindakan katerisasi dilakukan dengan memasukkan kateter melalui lipatan paha, dimana kateter ini akan mencapai jantung dan meletakkan alat seperti payung yang berfungsi untuk menutup kebocoran jantung. Namun tindakan ini tidak bisa dilakukan jika kebocoran berada agak bawah. Jadi pilihannya hanya melakukan operasi jantung terbuka.

Operasi jantung terbuka dapat dilakukan pada orang dewasa ataupun anak-anak. Prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki gangguan yang terjadi pada jantung. Operasi dapat mengurangi gejala, meningkatkan kualitas hidup seseorang dan meningkatkan peluang hidup seseorang.

Risiko Operasi Jantung Bocor Yang Perlu Diketahui

Resiko Operasi Jantung Bocor

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan operasi jantung bocor, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja risiko operasi jantung bocor yang dapat terjadi.

Berikut beberapa risiko operasi jantung bocor tersebut antara lain :

  • Stroke.
  • Penyumbatan graft.
  • Kegagalan katup baru.
  • Gangguan fungsi ginjal.
  • Gangguan neurokognitif.
  • Tulang sternum yang tidak menyatu.
  • Infeksi kuman pada luka atau seluruh tubuh.
  • Infeksi di sekitar katup yang baru diperbaiki atau baru diganti.
  • Infark jantung karena embolisasi atau kurangnya aliran darah.

Keberhasilan operasi akan sangat bergantung pada beberapa faktor. Risiko operasi jantung bocor akna meningkat jika penderita berusia lebih dari 70 tahun, menderita diabetes, penyakit paru kronis, dan penyakit ginjal kronis. Risiko terburuk dari operasi jantung bocor yaitu kematian.

Sebenarnya risiko operasi jantung bocor ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi antibiotik dan melakukan saran yang dokter anjurkan pasca operasi jantung bocor seperti merawat luka, konsumsi makanan sehat, dan lain sebagainya.

Demikian informasi kami seputar risiko jantung bocor. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

Terimakasih telah berkunjung dan salam sehat keluarga Indonesia 🙂

Posted by. Obat Jantung Bocor Alami

1 Trackback / Pingback

  1. 7 Penyebab Detak Jantung Cepat Yang Harus Anda Waspadai

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*