Tips Efektif Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Tips Efektif Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat ,- Jantung merupakan organ tubuh manusia yang tidak pernah berhenti bekerja seumur hidup. Maka dari itu, usahakan untuk selalu membuat jantung tetap sehat.

Nah, disini kami akan memberikan informasi bagaimana tips efektif menjaga jantung agar tetap sehat. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Tips Efektif Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Tips Efektif Menjaga Jantung Agar Tetap SehatJantung adalah organ vital manusia yang berperan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Dimana jantung ini berfungsi untuk memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh lainnya.

Jika organ vital pemasok darah keseluruh tubuh ini bermasalah, hal ini tentu akan membuat organ tubuh lainnya ‘kelaparan’ dan akhirnya mati. Bila kondisi ini terjadi, tentu dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Untuk itulah penting bagi kita untuk menjaga agar jantung tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Dan berikut beberapa tips efektif untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda lakukan, yakni :

  1. Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang penting untuk kita lakukan. Dengan rutin berolahraga, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kebugaran jantung.

Anda hanya perlu melakukan olahraga sedang dengan durasi 150 menit setiap minggu. Berarti, setiap harinya Anda hanya perlu melakukan olahraga selama 30 menit, lima kali per minggu.

  1. Kelola Stres Dengan Baik

Stres merupakan hal yang wajar terjadi. Namun yang menjadi masalahnya bukan apa yang menyebabkan stres, tapi bagaimana kita merespon stres tersebut.

Ketika kita sedang stres, jantung akan memproduksi adrenalin yang membuat jantung bekerja lebih keras. Sebagai akibatnya tekanan darah pun akan meningkat. Jika terus dibiarkan, kondisi ini dapat berujung pada serangan jantung.

Untuk itu, Anda harus pintar-pintar dalam mengelola stres. Anda bisa mencoba meditasi, yoga, teknik pernapasan dalam, atau curhat ke orang terdekat untuk mengatasi stres tersebut.

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Langkah ini merupakan tips terbaik yang bisa Anda lakukan jika ingin terhindar dari penyakit jantung. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh darah. Untuk itu, berhenti merokok dan hindari juga paparan asap rokok.

Bila Anda berhasil berhenti merokok selama satu tahun, risiko Anda terkena penyakit jantung akan turun menjadi setengah dari risiko pada para perokok aktif.

  1. Mencukupi Waktu Tidur Sehari-hari

Tidur merupakan kondisi dimana tubuh akan me-restart dan memulihkan diri. Hal ini penting bagi semua aspek kesehatan, bukan hanya organ vital pemasok darah saja.

Ketika Anda tidur, tekanan darah dan detak jantung akan berdebar lambat. Hal ini memberi waktu kepada organ tubuh penting untuk beristirahat. Tanpa istirahat yang cukup, Anda akan merasa stres dan mengidam makanan berkalori tinggi yang tidak baik untuk kesehatan.

  1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Menurut para ahli, ada beberapa makanan yang baik untuk jantung, salah satunya oatmeal. Makanan ini kaya akan seart betaglucan yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain oatmeal, Anda juga bisa konsumsi salmon yang kaya akan omega 3. Dimana omega 3 ini baik untuk menjaga kesehatan jantung. Jangan lupa juga untuk konsumsi sayuran hijau yang baik untuk menghilangkan racun di dalam tubuh.

  1. Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Lemak jenuh dan lemak trans memiliki dampak besar dalam pembentukan kolesterol yang berlebihan di dalam darah. Kolesterol yang menumpuk dapat menyumbat pembuluh arteri jantung dan membahayakan aliran darah.

Maka dari itu, batasi konsumsi lemak jenuh dari daging merah, makanan olahan, makanan yang digoreng, dan produk susu yang kaya akan lemak.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi, dapat membantu Anda terhindari dari penyakit jantung. Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat merusak dinding arteri dan meimbulkan jaringan parut.

Jika kondisi ini terjadi, darah dan oksigen akan lebih sulit mengalir menuju hati. Akibatnya jantung pun harus bekerja ekstra agar organ tubuh tidak kekurangan oksigen. Batasi konsumsi alkohol juga dapat Anda lakukan untuk menjaga tekanan darah.

  1. Jangan Duduk Terlalu Lama

Pekerjaan yang menuntut Anda harus duduk terlalu lama, sebaiknya harus dihindari. Karena duduk terlalu lama tidak sehat untuk jantung. Beberapa penelitian menunjukkan duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 47 persen.

Bahaya lainnya dari duduk terlalu lama ini adalah kematian dapat meningkat hingga 90%.  Untuk itu, hindari dudul terlalu lama dan lakukan aktivitas fisik untuk menggerakan seluruh anggota tubuh agar tetap sehat.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan jantung. Tentunya Anda tidak perlu melakukan semua tips ini secara bersamaan. Dua atau tiga diantaranya yang dilakukan secara rutin, sudah sangat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Jadi, tunggu apalagi! Jangan tunda untuk memiliki tubuh sehat mulai dari sekarang.

“Sehat itu bukan suatu kemewahan. Sehat itu murah tetapi menjadi mahal ketika sehat telah berubah menjadi sakit”.

*Terimakasih Telah Berkunjung dan Salam Sehat*

Dipersembahkan oleh :

www.obatjantungbocoralami.my.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*